Sabtu, 19 Maret 2011

Tugas 3 : Cara Mengkoneksikan Internet Menggunakan Modem Smart

Pada posting kali ini saya ingin sharing bagaiamana cara melakukan koneksi Modem CDMA Haier CE100  yang saya gunakan dengan kartu Smart EVDO. Linux yang saya gunakan adalah OpenSuSE 11.2, namun tidak menutup kemungkinan distro linux lain pun bisa menggunakan cara ini, karena sifatnya umum tidak mengikat ke satu distro dan juga ke satu modem tertentu.
Secara ringkas, step untuk proses koneksi ini adalah mematikan fungsi CD-ROM modem karena linux mendeteksi modem Haier CE 100 sebagai CD-ROM (berisi installer software dialer versi windows), lalu registrasikan sebagai modem secara manual, selanjutnya setup konfigurasi wvdial dan terakhir connect !


Langkah 1 : Mematikan fungsi CD-ROM

Plug/Tancapkan modem Haier ini. Lalu tunggu beberapa saat sampai dikenali sebagai CD-ROM. Indikatornya yaitu icon abu-abu logo SMART yang muncul di desktop atau di file manager (Nautilus / Konqueror). Tunggu beberapa saat sampai CD-ROM ini aktif, yaitu dengan berubahnya warna icon abu-abu tadi menjadi merah.
Di PC saya lag time-nya sekitar 1 menit (maklum PC Jadul).
Setelah indikator icon merah muncul, kita matikan fungsi CD-ROM nya dengan mengclick kanan icon tersebut lalu pilih eject. Ingat eject, bukan unmount/safely remove drive. Ada cara lainnya yaitu dengan menjalankan perintah console sebagai root: eject /dev/sr1.
Untuk mengetahui nama device CD-ROM modem ini (sr1 atau sr2 dst), jalankan perintah dmesg.
Hasil eksekusi perintah konsole dmesg

Langkah 2 : Registrasi Modem

Setelah proses eject selesai, langkah selanjutnya adalah meregistrasi modem.
Untuk mengattach port USB nya, kita harus cari dulu ID hardwarenya. Kembali ke konsole dan jalankan perintah lsub.



Penjelasan ID diatas yaitu 201e adalah  kode vendor dan 2009 adalah kode product modem ini.
Edit dahulu file /etc/modprobe.d/99-local.conf dan tambahkan baris berikut :
options usbserial vendor=0x201e product=0x2009
Jika Anda tidak memasukkan baris options modprobe diatas, maka pada saat melakukan modprobe akan muncul error FATAL: Error inserting usbserial (/lib/modules/2.6.27-7-generic/kernel/drivers/usb/serial/usbserial.ko
Selanjutnya, ketik perintah modprobe usbserial pada console lalu jalankan dmesg lagi.

Hasil menjalankan perintah konsole untuk register modem
Jika pesan dmesg muncul seperti gambar diatas, yaitu generic converter now attached to ttyUSB0, berarti modem telah teregister dengan baik pada pada USB ke nol. Catat angka dibelakang ttyUSB, karena angka itu akan digunakan untuk setting konfigurasi program dialnya. 


Langkah 3 : Konfigurasi wvdial

Wvdial ini adalah program untuk melakukan dial atau koneksi ke internet. Jadi pastikan aplikasi ini sudah terinstall dahulu.
Smart menggunakan nomor dial #777, dengan username dan password smart. Setting ini tinggal kita sesuaikan jika menggunakan kartu lain.
Buka file /etc/wvdial.conf. Jika tidak ada silahkan create saja dengan nama file tsb dan simpan di folder /etc. Copy paste konfigurasi berikut ini. 

[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 11520
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2
Init3 =
Area Code =
Phone = #777
Username =smart
Password =smart
Ask Password = 0
Dial Command = ATDT
Stupid Mode = 1
Compuserve = 0
Force Address =
Idle Seconds = 300
DialMessage1 =
DialMessage2 =
ISDN = 0
Auto DNS = 1

Jika wdial.conf sudah ada, maka sesuikan saja baris konfigurasi yang bertanda bold diatas. Setelah selesai save dan langkah terakhir adalah mencoba dial. Ketik perintah wvdial lalu enter.
Jika dilayar console muncul pesan seperti :
–> Script /etc/ppp/ip-up run successful
–> Default route Ok.
–> Nameserver (DNS) Ok.
–> Connected… Press Ctrl-C to disconnect
–> pppd:
��[06][08]


Selamat, berarti proses koneksi ineternet berhasil. Silahkan coba dengan melakukan test browsing. Yang saya lakukan waktu pertama konek adalah dengan install codec online untuk openSuSE saya.
Biarkan jendela console terbuka selama berinternet ria.Jika ingin disconnect, tekan saja ctrl+c dijendela konsole tsb.

TIPS : Jika koneksi wvdial ini sering putus karena idle atau dibiarkan tidak ada akftifitas internet, yang ditandai munculnya error Terminating connection due to lack of activity di layar konsole, maka coba ganti setting di config wvdial diatas untuk Idle Second = 0 alias konek forever.
That’s it. Jika sudah konek pasti terasa mudah. Gak sulit kok. Semoga membantu ya…

EDIT : 10 Maret 2010
Dengan kernel linux terbaru, ternyata kita sudah tidak perlu melakukan modprobe usbserial lagi,  tinggal tancap modem haier ce100, eject lalu jalankan wvdial. Pada saat proses eject ini secara otomatis linux akan mengattach modem ke ttyUSB. Which mean kita tidak perlu melakukan probing manual. Woot !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar